Keselamatan Orang Kristen

Berikut ini saya akan memberikan terjemahan bahasa Indonesia dari pertanyaan dan jawaban yang diambil dari buku The Christian’s Great Interest (Keselamatan Orang Kristen) oleh William Guthrie, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1658 (Saya menerjemahkan ‘great interest’ sebagai ‘keselamatan’ karena ‘great interest’ yang dimaksud tidak lain ialah ‘saving interest’).
1. Hal serius apa yang harus dilakukan manusia dalam dunia ini?
Memastikan dirinya mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus, dan mencapainya.
2. Bukankah semua anggota gereja yang kelihatan memiliki keselamatan dalam Kristus?
Tidak. Sedikit sekali yang memilikinya.
3. Bagaimana tahunya kalau saya memiliki keselamatan dalam Dia?
Biasanya Tuhan menyiapkan jalan-Nya dalam jiwa dengan membuat seseorang merendahkan dirinya, dan dengan menyadarkannya akan dosa dan kemalangannya, dan membuatnya terganggu oleh hal itu, sehingga ia merindukan Kristus Yesus.
4. Bagaimana tahunya kalau saya telah mendapatkan kesadaran yang cukup akan dosa dan kemalangan saya?
Kesadaran yang cukup akan hal itu membuat seseorang berpikir dengan serius tentang keselamatan lebih dari apa pun dalam dunia ini: itu membuatnya melepas segala harapan dalam dirinya sendiri, bahkan dalam kebaikannya yang terbaik: itu membuat Kristus yang adalah Penebus, sangat berharga bagi jiwa: itu membuat seseorang takut berdosa lagi, dan membuatnya berserah terhadap apa pun cara yang Tuhan pakai untuk menyelamatkan dia.
5. Bagaimana lagi caranya menilai keselamatan dalam Dia?
Melalui kepergian hati secara serius dan penuh kasih kepada Dia, sebagaimana Dia dinyatakan dalam Injil; dan inilah iman atau percaya.
6. Bagaimana saya tahu kalau hati saya pergi kepada-Nya dengan benar, dan bahwa iman saya sungguh-sungguh iman yang menyelamatkan?
Ketika hati pergi dengan benar kepada-Nya dalam iman yang menyelamatkan dan benar, jiwa dipuaskan oleh Kristus saja melebihi apa pun, dan puas dengan Dia dalam ketiga jabatan-Nya, untuk memerintah dan mengajar dan juga menyelamatkan; dan puas untuk berpegang erat kepada-Nya, apa pun kesulitan yang akan terjadi.
7. Adakah lagi yang menandai keselamatan dalam Kristus?
Ia yang ada dalam Kristus, adalah ciptaan baru; Ia diubah dan diperbarui, dalam keutuhan dirinya, dan dalam segala jalannya menuju kepada segala perintah Allah yang diketahui.
8. Bagaimana jika dosa kadang-kadang mengalahkan saya?
Meskipun setiap dosa layak mendapatkan balasan kekal, namun, jika kegagalan-kegagalanmu merundung engkau, akuilah itu dengan malu kepada Tuhan, bertekad untuk berjuang melawan dosa dengan jujur untuk selanjutnya, dan lari kepada Kristus untuk pengampunan, engkau akan mendapatkan belas kasihan, dan keselamatanmu berdiri teguh.
9. Apa yang harus diperbuat oleh seseorang yang tidak dapat mengklaim Kristus Yesus ataupun tanda-tanda yang disebut di atas?
Biarlah ia tidak beristirahat sampai ia yakin akan keselamatan dirinya dalam Kristus.
10. Bagaimana caranya seseorang yakin akan keselamatannya dalam Kristus, jika ia belum pernah mendapatkan keselamatan sampai sekarang?
Ia harus sungguh-sungguh menyadari dosanya, dan kebahayaan yang disebabkan olehnya, dan ia harus memperhatikan baik-baik tawaran pengampunan dan damai dari Allah melalui Yesus Kristus, dan dengan segenap hati menerima tawaran Allah ini dengan pergi kepada Kristus, tempat perlindungan yang terpuji.
11. Bagaimana jika dosa-dosa saya begitu mengerikan, dan besar melebihi umumnya?
Apa pun dosa-dosamu, jika engkau percaya kepada Kristus Yesus melalui iman, engkau tidak akan pernah masuk ke dalam penghukuman.
12. Apakah iman dalam Kristus saja yang diperlukan?
Iman adalah syarat satu-satunya di mana Allah memberikan damai dan pengampunan kepada manusia; tapi yakinlah, iman, jika benar dan menyelamatkan, tidak akan sendiri dalam jiwa, tetapi akan disertai dengan pertobatan yang sejati, dan kerinduan untuk menjadi serupa Allah disertai rasa syukur.
13. Bagaimana saya yakin bahwa hati saya sungguh-sungguh menerima tawaran Allah, dan percaya kepada Kristus Yesus?
Buatlah kovenan dengan jelas, dan dengan kata-kata katakanlah janji itu kepada Tuhan.
14. Bagaimana melakukannya?
Sediakan waktu, dan, setelah mempertimbangkan keterhilanganmu, dan jalan yang ditawarkan Kristus Yesus, bangkitkan hatimu untuk menerima tawaran itu, dan katakanlah kepada Allah dengan jelas bahwa engkau sungguh menerima tawaran itu, dan menerima Dia menjadi Tuhanmu dalam Kristus; dan serahkanlah dirimu kepada-Nya untuk diselamatkan dalam cara-Nya, tanpa syarat atau perkecualian apa pun; dan bahwa engkau mulai sekarang menunggu keselamatan dalam cara yang telah ditetapkan-Nya.
15. Bagaimana jika saya melanggarnya?
Engkau harus bertekad dalam kekuatan-Nya untuk tidak melanggar, dan memperhatikan jalanmu, dan menaruh hatimu dalam tangan-Nya supaya Ia menjaganya: dan jika engkau melanggar, engkau harus mengaku di hadapan Allah, dan menghakimi dirimu karenanya, dan lari kepada Sang Pengantara untuk pengampunan, dan bertekad untuk tidak mengulanginya lagi: dan ini harus engkau lakukan setiap kali engkau gagal.
16. Bagaimana saya dapat sepenuhnya yakin akan keselamatan saya dalam Kristus, sehingga saya tidak ragu lagi?
Belajarlah untuk meletakkan bebanmu di atas darah Kristus, dan belajarlah kesucian dan kemurnian dalam segala percakapan: dan berdoalah supaya Roh Allah bersaksi bersama dengan darah dan air; dan kesaksian-Nya yang ditambahkan kepada hal-hal ini akan meneguhkan engkau dalam iman akan keselamatan dalam Kristus.
17. Apa akibat dari percaya kepada Allah dalam Kristus dengan hati dan mulut?
Kesatuan dan persekutuan dengan Allah, segala kebaikan di sini, dan persekutuan yang diberkati-Nya di sorga selamanya nanti.
18. Bagaimana kalau saya mengabaikan hal-hal ini, dan tidak sungguh-sungguh melakukannya?
Tuhan datang bersama malaikat-malaikat-Nya, dalam api yang menyala-nyala, untuk menuntut balas kepada mereka yang tidak taat kepada Injil-Nya; dan hukumanmu akan lebih besar daripada Sodom dan Gomorah; dan lebih besar lagi karena engkau sudah membaca risalah ini, karena risalah ini akan menjadi saksi terhadap engkau pada hari itu.

About this entry