Natur pertobatan (1)

Berikut ini adalah Bab II dari buku “An Alarm to the Unconverted” (Peringatan bagi Yang Belum Bertobat), karya Joseph Alleine.

Aku tidak berani meninggalkanmu dengan mata setengah terbuka, seperti dia yang melihat ‘orang … berjalan-jalan, tetapi tampaknya seperti pohon-pohon.’ Firman berguna untuk mengajar juga mengoreksi. Dan karena itu, setelah sejauh ini membimbingmu melalui begitu banyak kesalahan yang berbahaya, aku akan membimbingmu kepada perteduhan kebenaran.

Pertobatan, secara singkat, terletak dalam perubahan hati dan hidup yang menyeluruh. Aku akan dengan singkat menjelaskan natur dan sebabnya.

1: Pencipta pertobatan adalah Roh Allah, dan karena itu pertobatan disebut sebagai ‘pengudusan Roh’ (2 Tesalonika 2:13) dan ‘pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus’ (Titus 3:5). Ini tidak mengesampingkan pribadi-pribadi yang lain dalam Tritunggal, karena rasul mengajarkan kita untuk memuji Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang ‘telah melahirkan kita kembali … kepada suatu hidup yang penuh pengharapan’ (1 Petrus 1:3). Dan Kristus dikatakan ‘menjadi … Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat’ (Kisah Para Rasul 5:31); dan disebut ‘Bapa yang Kekal’ (Yesaya 9:5) dan kita benih-Nya, dan ‘anak-anak yang telah diberikan Allah kepada-Nya’ (Ibrani 2:13). Namun pekerjaan ini terutama berasal dari Roh Kudus, dan karena itu kita dikatakan ‘dilahirkan dari Roh’ (Yohanes 3:5-6).

Jadi, pertobatan adalah pekerjaan di atas kuasa manusia. Kita ‘diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah’ (Yohanes 1:13). Jangan pernah berpikir engkau dapat mempertobatkan dirimu sendiri. Jika engkau ingin bertobat, engkau harus putus asa mengusahakannya dalam kekuatanmu sendiri. Pertobatan ialah kebangkitan dari kematian (Efesus 2:1), ciptaan baru (Galatia 6:15; Efesus 2:10), pekerjaan yang hebat kuasanya (Efesus 1:19). Bukankah semua ini di luar jangkauan kuasa manusia? Jika engkau tidak punya lebih dari apa yang engkau punyai dari kelahiran pertamamu, watak yang baik, temperamen yang lembut dan murni, dan lain-lain, engkau adalah seorang asing bagi pertobatan sejati. Ini adalah karya supernatural.

(bersambung…)


About this entry