Perlunya pertobatan (9)

5: Tanpa pertobatan semua yang dilakukan dan diderita Kristus akan sia-sia bagimu. Dengan kata lain, itu tidak akan menolong engkau mendapatkan keselamatan. Banyak orang menekankan hal ini sebagai dasar yang cukup bagi pengharapan mereka, bahwa Kristus mati bagi orang-orang berdosa; akan tetapi saya harus memberi tahu engkau, Kristus tidak pernah mati untuk menyelamatkan para pendosa yang terus tidak bertobat. Seorang teolog besar biasa menanyakan dua pertanyaan ini dalam percakapannya dengan orang-orang: Apa yang telah Kristus kerjakan bagi engkau? Apa yang telah Kristus kerjakan di dalam engkau? Tanpa aplikasi Roh dalam melahirbarukan kita, kita tidak memiliki bagian keselamatan dalam penebusan. Aku beritakan kepadamu dari Tuhan, bahwa Kristus sendiri tidak dapat menyelamatkan engkau jika engkau terus berada dalam keadaan ini.

[1] Menyelamatkan manusia dalam dosa-dosa mereka akan bertentangan dengan apa yang dipercayakan kepada-Nya. Sang Pengantara adalah hamba Bapa, Ia menunjukkan bahwa Ia diutus oleh-Nya, bertindak dalam nama-Nya, dan membawa perintah Bapa bagi pembenaran yang dikerjakan-Nya (Yohanes 10:18, 36; Yohanes 6:38, 40). Tuhan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya, mempercayakan kemuliaan-Nya sendiri dan keselamatan umat pilihan-Nya kepada-Nya (Matius 11:27; Yohanes 17:2). Sesuai dengan itu, Kristus memberi Bapa-Nya pertanggungjawaban atas kedua bagian yang dipercayakan kepada-Nya sebelum Ia meninggalkan dunia (Yohanes 17). Kristus akan menggagalkan kemuliaan Bapa-Nya, menodai kepercayaan terbesar-Nya, jika Ia menyelamatkan manusia dalam dosa-dosa mereka: karena ini akan memutarbalikkan ketetapan-Nya, dan melawan atribut-Nya.

Ini akan memutarbalikkan ketetapan Allah, di mana beginilah urutannya, yaitu bahwa manusia harus diselamatkan melalui pengudusan (2 Tesalonika 2:13). Ia telah memilih mereka supaya mereka kudus (Efesus 1:4). Mereka dipilih melalui pengudusan (1 Petrus 1:2). Seandainya engkau dapat mematahkan hukum ketetapan Allah, atau merusak Dia yang telah dimateraikan Bapa sehingga Ia melawan pengutusan-Nya, hanya dengan cara inilah engkau dapat sampai ke sorga dalam keadaanmu yang berdosa. Berharap bahwa Kristus akan menyelamatkanmu sementara engkau tidak bertobat, adalah berharap bahwa Kristus mengkhianati kepercayaan dari Bapa. Ia tidak pernah, dan tidak akan pernah menyelamatkan satu jiwa pun kecuali yang telah diberikan Bapa kepada-Nya dalam pemilihan, dan ditarik Bapa kepada-Nya dalam panggilan efektual (Yohanes 6:37, 44). Percayalah, Kristus tidak akan menyelamatkan seorang pun dalam cara yang bertentangan dengan kehendak Bapa-Nya.

(bersambung…)


About this entry